Belajar Instal

Belajar Instal


Cara Membuat Database MySql di Hosting CPanel

Posted: 02 Jun 2015 08:50 AM PDT

Tutorial kali ini membahas tentang bagaimana membuat database MySql di hosting cPanel. Sobat sekalian yang ingin membuat web yang dinamis, tentunya membutuhkan database yang menyimpan data-data yang ingin ditampilkan atau hanya sekedar menampung seting dari web sobat. Nah bagi sobat yang belum pernah membuat database MySql di hosting cPanel, berikut tutorialnya.

1. Login ke hosting cPanel sobat, kemudian pada halaman home, carilah ikon MySql database wizard seperti pada gambar dibawah ini.

1. Wizard

2. Kemudian akan ada tampilan untuk mengisi nama database yang sobat ingin buat. Isilah nama database yang sobat inginkan pada textfield yang ada, abaikan prefix sebelum textfield, karena prefix tersebut otomatis dibuat oleh cPanel. Contoh kali ini kita ingin membuat database dengan nama “db”, abaikan saja prefix adityayo_ yang otomatis dibuat oleh sistem. Namun perlu diingat, nama database sobat nantinya lengkap dengan prefix tersebut, jadi nama database sobat nantinya menjadi “adityayo_db” pada contoh kali ini. Kemudian klik tombol next step untuk menuju langkah berikutnya.

2. Nama DB

 

3. Kemudian akan muncul tampilan untuk membuat user database. Isikan nama user yang sobat inginkan pada textfield username, yang sebelumnya didahului dengan prefix yang otomatis dibuat oleh cPanel. Pada contoh kali ini, username diisi dengan “yoga” sehingga username yang lengkap adalah “adityayo_yoga” setelah ditambah prefix otomatis dari cPanel. Kemudian isi password untuk username yang akan kita buat, isikan dua kali pada textfield yang telah disediakan. Ketika sobat ingin mengisi password sendiri, jangan sobat klik Password Generator, karena akan mengisi password user dengan password acak. Setelah itu sobat klik tombol create user.

3. Create User

 

4. Kemudian akan muncul tampilan untuk memilih privileges user, privileges adalah hak yang diberikan terhadap user yang telah dibuat untuk mengelola database. Pada contoh kali ini, dipilih all privileges agar user leluasa dalam mengelola database. Kemudian klik next step untuk menuju langkah berikutnya.

4. Priveleges

 

5. Database yang sobat ingin buat telah selesai, dengan user yang telah sobat isi dan beri hak privileges. Kemudian jika sobat ingin membuat database lain, bisa klik tautan dibawahnya, atau jika sobat ingin kembali ke halaman utama hosting sobat bisa klik tombol home di pojok kiri atas.

5. Complete

 

6. Untuk mengecek database yang sobat telah buat, kembali ke menu utama dan cari ikon phpmyadmin, letaknya disebelah database wizard yang kita pakai sebelumnya, kemudian klik ikon tersebut.

6. phpmyadmin

 

7. Taraa, database yang sobat inginkan sudah siap dikelola, tinggal membuat tabel-tabel atau sobat bisa import dari struktur tabel yang sudah ada.

7. db

Mudah bukan? silahkan ajukan saran, pertanyaan atau kritik melalui komentar dibawah ini sobat. :D

Cara upload file ke cPanel file manager

Posted: 01 Jun 2015 10:34 PM PDT

Halo sobat, tutorial kali ini berisi tentang cara upload file ke hosting cPanel.
Caranya sangat mudah sekali, namun bagi yang belum terbiasa dengan hosting cPanel, maka akan menemui kesulitan.

Langsung saja kita mulai tutorial upload file ke hosting cPanel.

1. Login ke akun cPanel sobat sehingga muncul tampilan seperti ini cpanelhome

 

2. Kemudian cari di bagian file, kemudian ada ikon folder dengan tulisan file manager, klik ikon tersebut.

4 filemanager

3. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini :

5 docroot

4. Pilih document root for nama domain yang sobat sudah daftarkan di hosting cPanel sobat. Kemudian klik Go, maka akan muncul tampilan seperti ini :

6 contentfile

5. Ini adalah tampilan dashboard file manager sobat, disamping kiri ada treeview folder yang ada di hosting sobat, dibagian tengah merupakan isi dari folder yang sobat pilih. Dan dibagian atas merupakan tools dalam mengelola file sobat. Jika sobat ingin mengupload file html atau php sobat, silahkan klik ikon upload, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

7 upload1

6. Klik choose file untuk memilih file di komputer lokal sobat yang ingin sobat upload. Kemudian setting permission dengan klik centang-centang pada pilihan yang tersedia. Setelah itu, tunggu sampai ada konfirmasi pengunggahan file selesai pada sebelah pojok kanan bawah halaman seperti pada contoh dibawah.

9 complete

7. File sudah ada di folder yang sobat inginkan, mudah bukan caranya..

10 file sudah ada

Selamat mencoba dan belajar web sobat. Kalau ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar dibawah ini. :D

You liked this post? Subscribe via RSS feed and get daily updates.

0 comments:

Post a Comment