789

789


Menggunakan Berbagai Style Font di Web dengan Trik Font-face

Posted: 16 Jul 2011 05:45 AM PDT

Dalam dunia design, font adalah hal yang sangat penting. Bahkan cukup dengan melihat jenis font tulisan, kita sudah dapat menilai konten tersebut bersifat resmi, atau tidak. Tapi saya rasa untuk masalah pemilihan jenis font anda pasti lebih mengerti dari saya :) jadi saya tidak perlu menjelaskan lebih detil tentang font-kan ??:p Prinsip penggunaan font di Website sebenarnya sama dengan MS Word, Photoshop, Coreldraw atau program lainnya. Asalkan font itu ada dan terinstall maka bentuk tulisan kita akan mengikuti sesuai desain font yang kita pilih.

Nah masalahnya kadang seorang web designer newbie seperti saya ini :D sering miss dalam hal tersebut. Saya sering melihat hasil layout hanya dari komputer sendiri yang memang font-font yang kita gunakan saat melayout sudah terinstall. Ok lah jika memang jenis font yang kita gunakan standar tentu hal itu tidak ada masalah dan tampilan web pun akan sesuai dengan keinginan kita. tapi bagaimana jika kita menggunakan font yang non-standar misalnya seperti jenis “Taco Modern” yang belum tentu semua orang menginstallnya ?? alhasil jenis font yang tadinya kita pilih sedemikian rupa akan tetap terlihat standar (biasanya menjadi jenis Arial).

Lalu bagaimana agar tulisan kita tetap menggunakan jenis font sesuai yang kita inginkan ??

1. Buka situs http://www.fontsquirrel.com/fontface/generator
2. Upload font dengan mengklik +Add Font
3. Checklist pada menu Agreement. lalu klik Download Your Kit

Dalam file zip yang kamu download harusnya terdapat beberapa file seperti font, html demo dan stylesheet.css. Upload semua file tadi ke server web kamu lalu tarik kode cssnya dengan cara .
Selamat mencoba :D


You liked this post? Subscribe via RSS feed and get daily updates.

0 comments:

Post a Comment