789

789


Cara Mengetahui Situs Lain yang Berada Pada Satu Server Hosting

Posted: 05 Oct 2011 10:18 AM PDT

Dalam dua bulan terakhir blog ini sering sekali mengalami down hingga benar-benar tidak dapat diakses untuk beberapa waktu. Dan jika masalah sudah diperbaiki pun untuk kembali normal saya harus menunggu selama beberapa jam :(

Sangat mengganggu memang. Pesan error yang muncul pun tidak jelas karena semua dirasa sudah benar kecuali hanya pesan Page Load Error di browser sama seperti saat koneksi internet sedang mati. Membuka Support Online pada pihak hosting pun kurang membantu karena kesalahan memang bukan berasal darinya. Tapi untungnya saya masih memiliki beberapa website pada akun yang sama.

Secara logika, jika situs yang berada pada server yang sama saja bisa diakses maka seharusnya blog ini pun  dapat di akses dengan normal. Jikalau terdapat error pada database biasanya muncul pesan error seperti Error Establishing Database Connection atau pesan-pesan lainnya tergantung kerusakan yang ada atau setidaknya masih terdapat reply saat di ping. Dan saat saya mengakses situs lain yang berinduk pada server yang sama ternyata tidak  ada masalah. Setelah diperhatikan ternyata IP server telah berubah. Karena blog ini menggunakan private ns maka saat server merubah IPnya, maka saya pun harus mengupdate alamat Ip pada setting ns :’( berbeda dengan situs lainnya yang hanya menggunakan ns standard.

Penjelasan sedikit tentang shared hosting, web host memberikan tiap website ruang di HDD mereka dan semua situs harus berbagi Hard Disk Ruang yang sama seperti Drive, RAM, Bandwidth. Inilah sebabnya mengapa situs kita mungkin mengalami loading yang berat, itu terjadi ketika website lain memanfaatkan sebagian besar sumber daya server yang ditugaskan untuk semua situs.

Berdasarkan pengalaman pribadi diatas, masalah saya terpecahkan atas bantuan dari website lain karena menunjukan bahwa bukan serverlah yang menjadi masalahnya. Sebanyak masih banyak keuntungan yang dapat kamu ambil jika mengetahui Website atau situs lain tersebut. Namun karena sudah terlalu banyak berbasa-basi maka kini saatnya untuk menjelaskan cara mengetahui situs lain yang berada di shared host yang sama :)

  1. Pergi ke situs ini: yougetsignal.com/tools/web-sites-on- web-server /
  2. Dalam kotak alamat remote, masukkan nama domain yang ingin digunakan sebagai rujukan. misalnya: ebenk789.com
  3. Klik Cek.
  4. kamu bisa melihat hasilnya di bawah kotak pencarian, ada banyak website lain yang hosting di Alamat IP yang sama. Jika ada situs web yang populer dengan jumlah  lalu lintas yang besar maka mungkin itulah yang menyebabkan situs kita berat atau bakhkan down.

Jadi, jika situs kamu sering downtime akibat ulah situs lain. mungkin kamu bisa laporkan kejadian terebut ke pihak host tentunya dengan bukti yang jelas juga :D

Ok semoga membantu & bermanfaat ;)


You liked this post? Subscribe via RSS feed and get daily updates.

1 comments:

  1. Great article. I have really enjoyed your articles. At the same time this is one of the great information for me.

Post a Comment