789

789


Uninstall Windows 8 dan mengembalikan Windows 7 dengan menggunakan Folder Windows.old

Posted: 16 Oct 2011 10:27 AM PDT


Seperti janji saya pada tulisan “Step by Step Upgrade Windows 7 ke Windows 8” kini saya akan membahas tentang cara menghapus atau menonaktifkan windows 8 dan mengembalikan Windows 7 setelah melakukan upgrade ke windows 8 secara normal dan aman. Secara umum saat kita melakukan upgrade, data-data system windows sebelumnya akan berpindah ke Windows.old. Untuk itu sebenarnya disini kita akan membahas cara menggunakan Windows.old untuk mengembalikan sistem windows setelah upgrade :)

Konsep Dasar

Sistem windows memerlukan folder wajib yang harus ia miliki seperti Windows, ProgramData, Program File, PerfLog dan User. Hal itu dapat kita lihat pada isi folder Windows.old :p

Sebenarnya caranya mudah, kita hanya perlu menghapus atau me-Rename Folder-folder yang terdapat di C: seperti Windows, ProgramData, Program File, dan PerfLog lalu memindahkan semua isi folder yang ada di dalam c:\windows.old ke c:

Namun Permasalahannya kita tidak dapat merubah atau asal hapus folder-folder tersebut karena isi dalam folder Windows khususnya sedang dijalankan oleh system. lalu bagaimana cara agar kita dapat menghapus folder c:\windows dan memindahkan file Windows.old ke C: ?? Banyak trik sebenarnya, namun disini saya hanya akan menjelaskan cara dengan bantuan Linux Ubuntu Live CD.

Step by Step cara menggunakan Windows.old

1. Booting Ubuntu Live CD lalu pilih Try Ubuntu

2. Jika berhasil maka tampilan layar tidak jauh berbeda dengan tampilan desktop windows pada umunya

3. Mount drive C: dengan cara mengarahkan kursor ke menu bar lalu pilih Place > My Computer > Drive C

4. Buat Folder baru dengan nama Win8 lalu pindahkan folder-folder yang bernama (Windows, ProgramData, Program File, PerfLog dan BOOTNXT) kedalam folder Win8

Menjadi..

Hasil Moving

5. Buka folder Windows.old lalu pindahkan semua folder ke muka drive c:

6. Restart PC kamu dengan cara klik icon shutdown di pjok kanan layar >> pilih Restart >> klik Ok

Jika sukses maka seharusnya saat booting windows kamu telah kembali menjadi Windows 7.

Untuk windows 8 kini semua sistemnya tersimpan pada folder Win8 di C:\Win8 Suatu saat kita juga dapat menggunakannya kembali sama seperti cara diatas :)

Jadi inti dari posting kali ini juga menjelaskan mengapa saat windows 7 or windows 8 melakukan upgrade, dia selalu membuat folder yang bernama Windows.old dan menyimpan data-data sistem terdahulu pada folder tersebut. Hal ini dimaksudkan jika suatu saat kita ingin kembali menggunakan system operasi terdahulu kita dapat dengan mudah menggunakannya tanpa harus menginstallnya kembali.

Sebenarnya trik diatas juga dapat dilakukan dengan menggunakan Windows 7 installation disc. Kamu bisa membacanya melalui link dibawah ini
How to restore a Windows 7-based computer to a previous Windows installation by using the Windows.old folder


You liked this post? Subscribe via RSS feed and get daily updates.

0 comments:

Post a Comment