Microsoft lawan Google

Wah didunia maya dan bisnis ada pertarungan hebat lho antara Microsoft lawan Google, ini inyong temukan saat tidak sengaja baca berita. Microsoft lawan Google atau Windows Phone 7, iPhone dan Android, siapa yang bakal menang? Steve Ballmer dan Microsoft. siapa yang paham dengan image itu? Orang bilang keduanya boleh dibilang bukan sebuah komposisi yang sedap. Berita Microsoft lawan Google memang sedang heboh, apa saja yang akan diluncurkan nantinya?



Ini masih kalah dengan Image itu tak sekondang Bill Gates dan Microsoft. Juga bukan seperti image Steve Jobs dan Apple yang enak ditonton. Tapi percayalah, lulusan Harvard University berpredikat magna cum laude itu membuat Microsoft bertahan. Apalagi sejak Gates pensiun.

Lelaki botak ini salah satu otak keberhasilan Microsoft. Dia telah bergabung dengan perusahaan tersebut selama 20 tahun. Ballmer adalah karyawan ke-24 Microsoft saat itu. Gajinya sebagai manajer bisnis pertama Microsoft saat itu cuma US$ 50 ribu (Rp 450 juta) setahun. Bukan gaji yang besar untuk lulusan strata satu, bukan pula kecil. Bonusnya adalah 8 persen saham Microsoft.

Meski kelihatannya pendiam, Ballmer sangat eksentrik. Pernah dia membuat video yang disebarkan untuk menyemangati kru Microsoft. Vi- deo itu berjudul Steve Ballmer Gila.
Coba saja lihat aksi noraknya pada Iklan peluncuran Windows 1.0 di http://www.youtube.com/watch?v=tGvHNNOLn…
Atau pada iklan Windows XP http://www.youtube.com/watch?v=_-8Iufkbu…

Jadi jangan kaget kalau di bawah kepemimpinannya, Microsoft tak surut. Dulu orang berpikir, Gates pensiun, Microsoft habis. Fakta di dinding kantor Microsoft di Redmond, California, berkata lain. Microsoft bertahan, meski digempur Google dan Apple. Harga saham perusahaan yang dibangun dari garasi itu sempat anjlok 50 persen–dari 2007 hingga awal 2009. Tapi kini Microsoft bangkit lagi.

Selama periode itu, Ballmer mendapat tekanan hebat. Salah satu contohnya, Apple meluncurkan iPhone dan tiba-tiba mempecundangi Win- dows Mobile, yang dipasang di PDA atau ponsel. Bahkan Gates pun sampai bilang “wow” saat ponsel Apple yang seksi, iPhone, diluncurkan.

Tekanan itu kembali datang belakangan ini saat Google meluncurkan ponsel berbasis Android. “Tak ada yang lebih stres ketimbang Ballmer,” tulis sebuah koran bisnis di Amerika.

Kini Ballmer sudah siap berperang.
Di Barcelona, dalam Mobile World Congress, dia berdiri gagah. Dia meluncurkan Windows Phone 7, software untuk ponsel pintar. Ini senjata baru- nya. Ia tak ingin kue Microsoft di bisnis ponsel digerus lagi oleh Apple, apalagi Google, yang datang dengan Google Nexus One.

Ponsel berbasis Windows tahun lalu menguasai 10,5 persen pangsa pasar. Angka itu hanya naik sedikit di- banding pada 2006 yang mencapai 9,3 persen. Bandingkan dengan iPho- ne. Pendatang baru pada 2007 itu langsung menyalip, meraih 13,7 persen. Ini data dari perusahaan riset IDC.

Ballmer membutuhkan darah segar untuk memenangi persaingan. Banyak analis menilai, Windows Phone 7 tak cukup seksi untuk melawan iPhone. “Lihat, namanya saja begitu `jadul’, masih pakai angka 7,” kata seorang analis.

Apakah Ballmer membutuhkan Bill Gates lagi agar Microsoft bersinar?

Eit, hati-hati menyebut nama Gates di depannya. Dia pernah berang soal itu. “Saya tak butuh apa pun dari Ga- tes. Itu prinsip saya,” ujarnya. “Gunakan dia, masih oke. Tapi butuh dia, tidak!” Ballmer kadang memang meledak- ledak. Dia pernah berkata, “I’m going to fucking kill Google.” Tapi lihat sekarang di dinding Wall Street. Harga saham Google 18 kali harga saham Microsoft!

Sang Bad Boy begitu dia dijuluki butuh “baterai” baru. Ia mungkin berdoa, “baterai” baru itu adalah Windows Phone 7.
oleh: blognya inyong

You liked this post? Subscribe via RSS feed and get daily updates.

0 comments:

Post a Comment